Selasa, 23 Juni 2015

Yuk Bersaudara karena Allah



Shalat Jum’at heboh!

Ketika sekumpulan jama’ah bangkit dan memprotes Khatib yang sedang melaksanakan rukun Jum’at. Masjid menjadi gaduh. Beberapa lelaki dengan mimik garang berteriak….

Entu bukan opening cerpen. Tapi kejadian nyata. Kejadian entu terjadi di Masjid Raya kota serambi Mekkah, jum’at pertama bulan Ramadhan.

Isu yang berkembang adalah isu tentang Aswaja dan Wahabi. Siapa nyerang siapa, atawa siapa protes siapa, gak penting untuk diketahui. Mungkin entu hanya oknum. 

Yang jadi miris adalah adanya tindak kekerasan untuk memaksakan Islam kepada orang yang udah Islam. Mungkin ada yang nganggep ini masalah kecil. Tapi bagi gue, ini enggak. Ini adalah masalah besar. 

Disaat dimana umat Islam dikerubutin bagai makanan diatas meja. Ternyata para ‘dai’-nya justru ribut sendiri. Pertentangan antara ‘Aswaja’ dengan ‘Wahabi’, atawa antara aliran anu sama aliran entu, makin mempertajam pertentangan antara kelompok-kelompok dalam Islam. Sementara kerusakan ummat makin merajalela, para da’i kagak berhenti berdebat cari pepesan kosong. Para da’i kayak pejuang kemerdekaan yang terkena politik divide et impera! Jangan-jangan bener seperti yang dikatakan Almarhum KH Zainuddin MZ, bahwa ummat Islam terkena penyakit Hubbu ‘Adawwah, atawa seneng banget cari musuh.

Dampaknya mungkin kagak kerasa dalam ‘dunia Ustadz’, tapi parah banget dikalangan masyarakat. Bayangin, tindakan-tindakan kekerasan yang dilakukan oleh umat Islam terhadap umat Islam. Ada mushalah yang dibikin rata sama tanah, karena katanya entu mushalanya aliran sesat. Ada keluarga yang terkucil sama keluarga besar, karena mahjabnya laen. Bahkan perbedaan mahjab, juga kagak sedikit yang mengakibatkan pecahnya organisasi Islam yang sipatnya terbuka. 

Barangkali kita perlu intropeksi ke dalem dan ngerenungin beberapa ayat ayat Al Quran dibawah ini.

1.       Yang pertama adalah niat kita dalem berjuang dan berdakwah. 

Apa bener udah murni? Apakah kita berdakwah untuk Allah, atawa berdakwah untuk diri sendiri? Atawa untuk Mahjabnya? Atawa alirannya? Kalo sama-sama dakwah untuk Allah, kenapa juga kita masih ribut sama hal-hal yang furu’? Bukankah Islam entu satu? Allahnya satu. Nabinya satu. Qurannya satu. Rukun Islam sama Rukun Imannya juga sama? Kenapa masih ada Islam ini, atawa Islam entu? Apa kita kagak baca Al Qur’an surat Al Mujadalah ayat dua-dua?

Kamu tak akan mendapati kaum yang beriman pada Allah dan hari akhirat, saling berkasih-sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka. Mereka itulah orang-orang yang telah menanamkan keimanan dalam hati mereka dan menguatkan mereka dengan pertolongan yang datang daripada-Nya. Dan dimasukan-Nya mereka ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah ridha terhadap mereka, dan merekapun merasa puas terhadap (limpahan rahmat)-Nya. Mereka itulah golongan Allah. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya hizbullah itu adalah golongan yang beruntung.

Atawa Surat Ali Imron ayat 103

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.

Lihat, tuh,  generasi teladan. Yang dulunya suka ngerampok, tapi Islam udah berhasil ngebersihin hatinya. Mereka jadi generasi yang saling kasih sayang karena Allah. Hati mereka diiket sama Islam. Karena kata Nabi antara Muslim satu sama muslim laen adalah satu badan. Kalo satu sakit semuanya sakit juga.
Mestinya Islam bisa jadi satu-satunya perekat hati. Begitu juga Iman bisa jadi tali pengikat hati. Karena seorang yang beriman bisa ngenalin sodaranya yang beriman juga. 

Kata kanjeng Nabi: “Kagak beriman seseorang, sampai die mencintai sodaranya kayak dirinya sendiri.”
Yuk kita bersodara karena Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar