Selasa, 23 Juni 2015

Ngaji, Yuk!



Nampaknya tulisan kemaren kudu dilanjutin. Pasalannya, seruan persatuan Islam aja kagak cukup. Karena hal ini sering digembor-gemborin, tapi Islam gak juga nyatu. 

Well, ini adalah masalah hati. Hati ini mungkin udah rusak. Kerenanya perlu diberesin. Bukan sekadar dijaga. 

Kayak kata Kanjeng Nabi,
“Ketahuilah, bahwa dalam jasad manusia ada segumpal daging. Apabila baik daging itu, maka akan baiklah manusia. Tetapi apabila rusak daging itu, maka rusaklah manusianya. Ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati.”

Maka perbaikilah hati kita. Lihatlah kedalam. Intropeksi. Ngaca.

Trus, pake apa kita beresin hati? 

Pake Ilmu!

Dalem hati bercokol nafsu. Dan, nafsu cuman bisa dikendalikan sama Akal. Akal akan terasah kalo dikasih Ilmu. Makanya kata Kanjeng Rasul, menuntut Ilmu itu wajib. Karena hanya Ilmu aja yang bisa mengendaliin akal. 

Kata orang bijak,”kalo mau ngubah nasib, ubah dulu tindakan kita. Untuk mengubah tindakan, perlu ngubah cara berpikirnya.” Maka satu-satunya jalan yang benar untuk mengubah cara berpikir adalah dengan Ilmu.
Ilmu itu ngambil peranan sangat penting dalem Islam. Bahkan ayat yang turun pertama di Al Quran adalah masalah dengan Ilmu.

“Bacalah dengan nama Tuhanmu Yang telah menciptakan. Menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah! Dan Tuhanmu Maha Mulia. Ialah yang mengajarkan manusia dengan Pena. Dia telah mengajarakan manusia apa yang tak diketahuinya.”

Intinya ngaji, dong!

Ngaji entu penting. Belajar Islam entu penting. Apalagi bagi kita seorang muslim.
Allah nyuruh kita untuk percaya kepada-Nya. Tapi gimana kita bisa beriman, kalo sama Allah aja gak kenal. Maka kenalin Allah dari ayat-ayatnya. Entah entu yang kauniyah (ada di alam semesta) atawa qauliyah (ada di Al Quran).

Maka belajar Al Quran hukumnya adalah Fardu ‘ain. Wajib secara individu untuk setiap muslim. Setiap muslim kudu ngerti Al Quran. Karena Al Quran entu adalah Kalam Allah. Dengan ngarti Al Quran, maka kita akan ngarti maunya Allah. Karena entu, kagak cukup cuman bisa baca Al Quran. Kudu ngarti artinya. Biar kita tahu apa isinya Al Quran entu. 

Maka penguasaan atas bahasa Al Quran (Arab fushah) adalah sangat perlu adanya. Imam Syafi’i dalam kitab Ar Risalahnya mewajibkan untuk mengerti bahasa Arab.

Maka mestinya belajar Bahasa Arab kudu didulukan sebelonnya kita belajar bahasa laennya semisal bahasa Inggris, Mandarin atawa Korea. Belajar bahasa Arab entu dapet pahala, loh.

Disamping entu semestinya gerakan memasyarakatkan bahasa Arab fushah, merupakan bagian penting dan utama dari agenda gerakan Islam.

Bayangin misalkan setiap muslim ngarti arti ayat ayat Al Quran. Kalo setiap muslim ngarti apa aja isi Al Quran, maka Insya Allah anak-anak ITJ bakalan bubar. Karena Liberalisme entu bakalan mati. Yakin deh.  Percaya sama gue.

Tentu pertamanya adalah wajib ‘ain bagi setiap Muslim bisa baca Al Quran. Belajar tajwid wajib, karena membaguskan bacaan Al Quran adalah wajib. Gak perlu dalem-dalem. Cukup ngarti makharijul huruf, mad, tanda-tanda waqaf, idzhar, idgham, iqlab, ikhfa, qalqalah dll.

Ilmu laen yang wajib ‘ain dipelajarin sama setiap muslim adalah ilmu tentang Allah. Ilmu Tauhid atawa Ilmu Aqaaid Diin. Udah sepatutnya seorang hamba mengenal Tuhan-Nya. Maka pengetahuan dan perkenalannya sama Allah adalah sesuatu yang wajib. Ya… gak perlu dalem-dalem. Palingan kagak die paham sipat dua puluh, sama Asmaa ul Husna. Berikut konsekuensi-konsekuensinya. Kita juga kudu ngenalin sipat-sipat Allah untuk diteladanin. Sebagaimana sabda Kanjeng Nabi, “Berakhlaklah kalian dengan Akhlaq Allah.”

Selaen entu, dalam Ilmu Aqidah, perlu juga dipelajarin tentang pokok-pokok keimanan. Syarat-syarat sahnya keimanan, termasuk hal –hal yang membatalkan keimanan.

Termasuk wajib ‘ain juga kita kudu ngenalin Kanjeng Nabi. Karena Kanjeng Nabi adalah Uswah. Teladan bagi kita yang kudu dicontoh. Termasup juga ngenal kehidupan beliau. Karena kehidupan beliau sarat sama pelajaran idup. Kanjeng Nabi adalah sebaik-baiknya tafsir Al Quran. Maka siapa aja yang pengen mahamin Al Quran, maka die wajib dan kudu mempelajarin kehidupan Kanjeng Nabi. Atau dengan kata lain, Kanjeng Nabi adalah pengimplementasi Islam terbaik. Maka siapa yang pengen paham sama Islam yang sebenernya, pelajarin kehidupan Kanjeng Nabi.

Kanjeng Nabi adalah seorang yang multitalent. Bukan entu aja. Tapi seluruh talent beliau berkembang menjadi yang terbaik. Beliau adalah serang pedagang terbaik. Seorang jendral terbaik. Seorang ahli strategi terbaik. Pemimpin terbaik. Pegulat terbaik. Seorang kaya terbaik. Seorang miskin terbaik. Seorang anak terbaik. Seorang ayah terbaik. Seorang Suami terbaik. Pokoknya Kanjeng Nabi is the best,lah!
(Bersambung)

2 komentar: